Jumat, 13 Januari 2017

ASEAN (Tujuan dibentuk, arti warna lambang asean)

ASEAN (Asociation of Southeast Asian Nations)


ASEAN (Asociation of Southeast Asian Nations) atau sering disebut persatuan bangsa-bangsa asia tenggara " PERBARA" Merupakan organisasi yang berisikan negara-negara yang berada di kawasan Asia tenggara.
ASEAN Dibentuk ketika  5 negara Yaitu Filipina, Indonesia,Malaysia, Singapura dan Thailand Melakukan pertemuan di ibukota Thailand yaitu Bangkok. Dalam pertemuan tersebut, tercetus untuk Deklarasi Bangkok yang berisi :


1.  Mempercepat pertumbuhan Ekonomi, kemajuan sosial dan perkembangan Sosial dan                          perkembangan kebudayaan di kawasan Asia Tenggara.
2.  Meningkatkan perdamaian dan stabilitas regional.
3.  Meningkatkan Kerjasana dan saling membantu untuk kepentingan bersama dalam  bidang                    ekonomi, sosial, teknik, ilmu pengetahuan dan administrasi.
4.  Memelihara kerjasama  yang erat di tengah-tengah organisasi regional dan internasional yang ada.
5.  Meningkatkan kerja sama untuk memajukan pendidikan, latihan, dan penelitian di kawasan Asia         tenggara.

1. Latar Belakang Berdirinya ASEAN

   Berdirinya ASEAN dilatar belakangi oleh beberapa persamaan yang dimiliki oleh negara-negara Asia Tenggara. Persamaan-persamaan tersebut antara lain:
1. Persamaan geografis.
2. Persamaan budaya.
3. Persamaan nasib, yaitu pernah dijajah oleh negara asing (kecuali Thailand)
4. Persamaan kepentingan di berbagai bidang.

2. Tujuan ASEAN

   ASEAN yang merupakan organisasi negara-negara Asia Tenggara mempunyai beberapa tujuan yang hendak dicapai anggotanya. Tujuan ASEAN tersebut tertuang dalam deklarasi Bangkok yang dideklarasikan pada tanggal 8 Agustus 1967.


 Asia Tenggara Dalam keanggotaan ASEAN
Lambang ASEAN melambangkan kemantapan, perdamaian, persatuan, dan dinamika ASEAN. Lambang ASEAN tersusun dari 4 warna yang mewakili Warna negara-negara anggotanya yaitu Biru, Merah, Putih dan Kuning. Arti ke empat warnanya adalah :
1.      Biru, yang memiliki arti Keamanan dan kestabilan. Melambangkan perdamaian dan kemantapan, merah melambangkan keberanian dan dinamika.
2.      Merah, yang memiliki arti Semangat dan Dinamisme. Lingkaran melambangkan persatuan ASEAN
3.      Putih, yang memiliki arti Keuletan. Melambangkan kesucian, dan kuning melambangkan kemakmuran.
4.      Kuning, yang memiliki arti Kemakmuran. Sepuluh batang padi yang terikat melambangkan sepuluh negara anggota ASEAN. hal ini melambangkan harapan para bapak pendiri ASEAN yang memimpikan ASEAN terdiri atas seluruh sepuluh negara-negara Asia Tenggara yang terikat dalam persahabatan dan solidaritas.
Bentuk yang tergambarkan pada lambang  asean merupakan sepuluh tangkai padi yang mewakili cita-cita pencetus ASEAN yaitu kesatuan dan persahabatan bagi negara-negara di wilayah asia tenggara. Dan untuk lingkaran yang mengelilinginya memiliki arti Kesatuan. Anggota dari ASEAN adalah:
1.       Brunei Darussalam
2.       Filipina (negara pendiri)
3.       Indonesia (negara pendiri)
4.       Kamboja 
5.       Laos
6.       Malaysia (negara pendiri)
7.       Myanmar
8.       Singapura (negara pendiri)
9.       Thailand (negara pendiri)
10.    Vietnam

0 komentar:

Posting Komentar